Sate lilit nangka

Bahan : 1 ons kacang hijau yang sudah diproses ¼ nangka 1 buah (secukupnya) Bumbu ulek halus : 10 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 7 cm kunir, 7 7 cm kencur, jahe secukupnya, lengkuas secukupnya, cabe merah secukupnya, plus satu bungkus wangenan dan daun jeruk yang sudah diiris halus. Tambah sedikit tempeh bosok kalau tersedia.
Cara mengolah kacang hijau ; Kacang hijau direndam selama satu hari sampai mengembang, lalu diulek sampai halus. Campurkan bumbu : 1 Sendok ketumbar halus , 5 buah bawang putih, garam secukupnya, dan sedikit air. Adonan bahan dan bumbu yang sudah halus ini kemudian dibungkus dengan plastik atau daun pisang , atau daun jambu air ( terserah selera), kukus kira-kira setengah jam.
Cara mengolah bahan kelapa : Seperempat butir kelapa yang agak muda diparut.
Cara membuat : Nangka dipotong 8 bagian tanpa dikupas kulitnya, namun cuci dahulu kulit luar sampai bersih. Nangka yang dipotong-potong ini direbus setengah matang. Hati nangka dibuat sampai bersih. Kemudian ketiga bahan di atas yaitu, kacang hijau, kelapa dan nangka disatukan dan diulek menjadi satu adonan. Adonan ini diberi bumbu-bumbu ulek dikepal-kepal dalam bentuk bulat lonjong. Saat menggoreng tambahkan daun jeruk parut yang telah diiris halus plus gula merah secukupnya. Adonan yang telah berupa bulatan lonjong ini kemudian ditancap tusuk sate. Goreng setengah matang saja, kemudian panggang di atas arang sampai berwarna kecoklat-coklatan. Sekarang proses yang panjang ini telah siap untuk disajikan.