Berbagai Jenis Nasi

Nasi merah (brown rice)
Campurlah ¾ beras putih jenis apa saja dengan ¼ beras merah. Sesuaikan dengan takaran yang diperlukan. Sebaiknya beras-beras ini tidak dicuci, namun air cucian sekaligus dimasak setelah dibersihkan dari kotoran-kotorannya. Menanak nasi secara ini memakan waktu sedikit agak lama.

Nasi Ketela
Campurkan beras putih dengan ketela yang diiris kecil-kecil. Ketela sebaiknya dikukus dulu setengan matag, kemudian dicampur dengan beras, baru kemudian sama-sama ditanak. Takar sesuai dengan selera misalnya ¼ atau 1/5 ketela sisanya beras, dsb. Tambahkan sedikit pewangi seperti vanilla, atau daun pandan, bahkan tambahkan seiris jahe kecil di air kukusan. Sedikit garam dapat diberikan untuk menetralisir ketela.

Nasi Uduk
Beras putih plus santan secukupnya, ditambah seluruh parutan kelapa dikukus seperti mengkukus nasi uduk biasa, tambahkan daun pandan secukupnya.

Nasi Kuning
Beras dicampur ulekan kunyit, jahe sedikit cabe merah, garam, lada (merica bubuk) dicampur santan dan parutan kelapanya. Dkukus seperti memasak nasi uduk biasa.

Nasi kare
Beras secukupnya dicampur bumbu-bumbu yang diulek secara rata. Takaran bumbu diatur sesuai dengan selera, dan terdiri dari tomat, bawang putih, bawang merah, cabe merah buang biji, namun bawang merah iris harus digoreng ( sangria dulu), kemudian dicampurkan dengan bumbu-bumbu ini, kemudian diulek menyatu. Campurkan beras dan bumbu-bumbu ini kemudian ditanak, tambahkan bumbu kare kalau perlu (kare powder India atau Indonesia). Sewaktu nasi setengah kecil kayu manis, tambahkan beberapa biji pala, biji cengkeh, sebatang kecil kayu manis, beberapa lembar daun jeruk.

Nasi Kare Sayur
Seluruh adukan diatas ditambah dengan irisan-irisan kecil jamur, wortel, buncis dan kentang secukupnya. Dalam hal ini jumlah ditambah sekitar 15 persen.

Nasi Kare Sintetis
Sama dengan di atas, namun sayuran dapat diganti dengan irisan daging sintetis atau pun protein. Bisa juga sayuran dan daging sintetis dicampur menjadi santapan yang lengkap. Disajikan dengan acar timun.

Nasi Kichni
Beras secukupnya dicampur dengan kacang hijau, kacang hijau sebaiknya dihancurkan menjadi belahan-belahan kecil, kemudian tambahkan sedikit jintan dan kapulaga yang dikupas.

Nasi goreng
Siapkan nasi putih secukupnya, sebakiknya yang sudah dingin. Siapkan bumbu seperti irisan cabe merah buang biji tipis-tipis, irisan bawang putih, irisan batang prei (daun bawang), garam lada, kemudian siapkan irisan sayu-sayuran seperti wortel, bawang Bombay, cabe paprika hijau atau merah, jamur, kacang arcis (gren peas). Pertama-tama panaskan minyak sayur secukupnya, kemudian sangria seluruh bumbu dan sayuran sekaligus kecuali daun prei. Sangrai setengah matang di api besar selama satu menit kemudian masukan nasi secukupnya dan aduk hingga rata. Kecilkan api kemudian tambahan kecap manis dan asin (atau garam) secukupnya, aduk sampai rata, besarkan api, tambahkan sedikit lada putih (merica bubuk) dan irisan batang prei ( bagian putih saja, tanpa daun hijaunya), aduk tambahkan sesendok margarine dan langsung angkat.

Nasi goreng tomat
Sama dengan di atas, namun tanpa batang prei. Cabe merah, bawang putih, merah, sedikit jahe tomat atau sos tomat diulek, kemudian disangrai dan diperlakukan sama dengan diatas.

Nasi goreng mentega
Campurkan nasi dengan bumbu-bumbu seperti berikut ini. Larutkan margarine secukupnya, sedikit garam, dan irisan cabe atau paprika merah dan jamur kecil-kecil, ukuran kira-kira setengah senti. Masukkan nasi ke larutan margarin, setelah matang campuran cabe atau paprika dan irisan jamur, tambahkan sedikit bubuk lada putih dan sedikit kecap asin kalau perlu. Untuk menambah. Aroma tambahkan angciu (arak masak) sedikit. Arak yang terbuat dari tumbuh-tumbahan diperbolehkan di ashram kami.

from Ashram Shantigria